100 tumpeng akan disiapkan untuk sedekah ringin kembar

masyarakat kawasan candi borobudur pada desa ringin putih, kabupaten magelang, jawa sedang, ingin menyiapkan 100 tumpeng supaya prosesi sedekah ringin kembar untuk menghidupkan tradisi budaya bersih desa setempat.

kegiatan merti desa (bersih desa) itu terkait melalui agenda bersama warga desa yang lain pada sekitar borobudur 'ruwat rawat 'borobudur dalam 1,5 bulan yang akan datang, tutur sekretaris panitia ruwat rawat borobudur 2013 sugeng muslih pada borobudur, sabtu.

ia mengajarkan tumpeng yang secara swadaya disiapkan warga dari semua rukun tetangga serta kepala dusun setempat itu ingin diarak sejauh Satu kilometer dari balai desa ringin putih menuju info pada tepi dusun sriyasan.

tempat dalam tepi areal persawahan dan menghubungkan dusun sriyasan dengan dusun kranggan, desa ringin putih, kecamatan borobudur itu terpercaya masyarakat, pernah tumbuh pohon ringin putih secara tidak kasat mata di masa lampau.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan 100 tumpeng mau diletakkan pada web itu agar lalu modin dusun setempat, dahlan (60), memimpin doa dan seterusnya masyarakat menyantap sajian tumpeng tersebut secara bersama-sama.

sugeng yang juga ketua badan perwakilan desa ringin putih itu menyatakan model serupa pada 2012 ditandai melalui penanaman pohon beringin selama info itu.

prosesi sedekah ringin kembar dan ditandai dengan perarakan 100 tumpeng itu ingin berlangsung pada 2 juni 2013.

ia menungkapkan prosesi tersebut serta menyertakan ratusan masyarakat dan tergabung pada berbagai kelompok kesenian tradisional. mereka akan mencari pakaian tarian tradisional tiap-tiap, semisal kuda lumping, topeng ireng, uyon-uyon, kubro siswo, sholawatan jawa, rebana, ketoprak, dan buto grasak.

sejumlah pihak akan mengambil air daripada kompleks taman wisata candi borobudur agar dibawa ke desa kami untuk menyiram pohon beringin yang kami tanam tahun lalu. ini simbol perawatan terhadap upaya penghijauan dan sudah kami lakukan, tutur sugeng yang serta ketua jenis organisasi warung tempat jagat cleguk, Salah satu komunitas borobudur untuk upaya konservasi kawasan candi borobudur.