Mahasiswa IBI Darmajaya ciptakan detektor jarak kendaraan

mahasiswa fakultas ilmu komputer ibi darmajaya, taufik hidayat, menciptakan rancang bangun sistem pendeteksi jarak untuk alat pemandu parkir selama mobil, agar dapat digunakan oleh semua kendaraan.

menurut taufik, selama bandarlampung, jumat, manakala ceroboh selama memarkirkan kendaraan, maka bumper kendaraan hendak mengalami lecet.

guna memangkas kejadian itu, tutur dia, sangat disarankan untuk kendaraan telah terpasang sensor parkir melalui indikator-indikatornya dan mampu berupa display tampilan juga bunyi.

taufik memesan rancang bangun sistem pendeteksi jarak untuk alat pemandu parkir selama mobil dengan sistem mikrokontroler dibuat pengendali sistem utamanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa jurusan sistem komputer ibi darmajaya ini menunjukan, kemudian untuk pendeteksi jarak, mencari modul sensor ultrasonic ping buatan parallax yang terdiri dari tx (transmitter) juga rx (receiver).

sebagai output, dimanfaatkan sebuah lcd (liquid cristal display) agar menampilkan jarak, led juga suatu buzzer supaya indikator bunyi.

hasil dan dibeli dari pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir dalam kendaraan, alat tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengukur jarak parkir kendaraan.

jarak yang terukur muncul ke lcd di satuan sentimeter beserta statusnya seperti apa manakala jarak yang terukur merupakan lebih besar dari 30 sentimeter.

pada lcd, dengan kondisi tersebut, hendak tertampil status kondisi : alami juga led tak menyala juga buzeer tak bunyi untuk tanda baru selama jarak aman.

taufik memaparkan, kalau jarak yang terukur 29 sentimeter hingga 20 sentimeter, dengan begini pada lcd ingin tertampil status kondisi: awas led kuning ingin menyala serta buzzer bunyi namun delay bunyi buzzer lebih lambat, serta manakala jarak yang terukur adalah 19 sentimeter hingga 0 sentimeter dengan demikian hendak tertampil status kondisi : bahaya led merah menyala serta disertai bunyi buzzer melalui delay bunyi lebih segeralah.

wakil rektor bidang akademik serta riset ibi darmajaya, envermy vem msc, didampingi kepala jurusan sistem komputer yuni arkhiansyah skom mkom menegaskan bahwa pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika agar selalu berinovasi serta berkontribusi terhadap masyarakat.

kami sangat bangga sejumlah mahasiswa menghasilkan karya ilmiah yang mampu menyerahkan sumbangsih, tidak hanya kepada kampusnya namun juga terhadap lingkungan sekitarnya, katanya.

menurut envermy, sebagai bentuk komitmen ibi darmajaya mewujudkan lulusan dan berkompeten di bidangnya juga berwawasan technopreneurship, kampus biru ini terus memotivasi mahasiswanya agar menghasilkan karya ilmiah dan bisa menyerahkan kontribusi kepada penduduk.