India optimis sengketa dengan China bisa diselesaikan

perdana menteri india manmohan singh, sabtu, menungkapkan ia yakin sengketa perbatasan menyangkut sebuah aksi penyerbuan tentara china dapat diselesaikan, tutur kantor berita press trust of india (pti).

itu merupakan Salah satu masalah daerah, kami yakin tersebut mampu diselesaikan, papar singh yang dikutip kantor berita itu sesudah tentara china dituduh memasuki daerah yang disengketakan pada ladakh awal bulan ini.

india dan china memiliki Salah satu perbatasan yang disengketakan, dan hubungan mereka sering terganggu dari perang perbatasan tahun 1962. penyerbuan dan dituduh tersebut merupakan Salah satu ketegangan masih antara dua negara asia dan bertetangga itu.

pernyataan singh tersebut dikemukakan setelah menteri pertahanan india shashi kant sharma menyampaian Salah satu laporan perihal insiden tersebut pada pengawas parlemen, jumat, di mana media lokal menyatakan ia menuduh tentara china memasuki hampir 20 kilometer ke dalam wilayah yang diklaim menjadi teritori india.

Informasi Lainnya:

pernyataan perdana menteri itu, pertama dan disampaikannya mengenai sengketa itu, mengulangi pernyataan-pernyataan para menteri pemerintah yang lain yang mengabaikan penyerbuan di bagian barat wilayah ladakh pada kashmir yang dipelajari india serta menegaskan masalah tersebut mampu diselesaikan dengan damai.

kami sudah memiliki Salah satu rencana, kami tidak mau memperbesar situasi itu, papar singh, tanpa menunjukan lebih jauh.

menurut para pejabat di new delhi, Salah satu peleton pasukan china mengembangkan Satu kamp pada dalam daerah india itu selama 15 april.

menteri luar negeri india salman khurshid awal pekan ini mengumumkan ia hendak bertolak ke china dalam 8 mei, serta menyampaikan kedua negara memiliki keinginan bersama tidak mengizinkan sengketa itu merusak hubungan sudah mengalami kemajuan di masa lama.

perundingan-perundingan tingkat perwira militer dan lebih rendah sejauh ini gagal mengatasi kemacetan di melaksanakan sengketa itu.