Forum Rektor: urgensi UN perlu direnungkan lagi

ketua forum rektor indonesia prof laode m kamaluddin berpendapat kiranya urgensi ujian nasional perlu direnungkan terserah seiring perkembangan zaman.

saya menilai un sudah Jawaban paling pas dalam era 1960, 1970, 1980, hingga 1990 ketika pendidikan tersentral ke pusat, tapi sekarang studi tak lagi tersentral dalam pusat, ujarnya pada semarang, jumat.

apalagi, berdasarkan rektor universitas islam sultan agung (unissula) semarang itu, hampir semua perguruan tinggi tak menjadikan hasil un dijadikan penentu dominan di menjaring mahasiswa masih.

kalangan perguruan tinggi, kata dia, sebatas menyaksikan kelulusan audien didik dari jenjang sekolah menengah atas (sma) dan sederajat sebagai salah Satu acuan mampu diterima untuk mahasiswa masih.

Informasi Lainnya:

karena tersebut, bisa jadi (un) `less important anymore` (kurang berguna lagi). saya rasa un mesti direnungkan tinggal. sekarang ini studi kan sudah terdesentralisasi ke daerah, katanya.

kalau pun un tetap digelar, tutur dia, sebaiknya pelaksanaannya cukup diserahkan dan dikelola tingkat regional, bukan lagi pusat agar mata rantainya tidak begitu lama, terutama distribusi soalnya.

menanggapi kehadiran penundaan un dalam 11 provinsi pada tahun ini, ia menyatakan permasalahan tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi jika un dikelola tingkat regional, semisal pencetakan soal juga distribusi.

pelaksanaan un jenjang sma serta sederajat dalam 11 provinsi, terutama pada wilayah indonesia pihak tengah, terpaksa ditunda akibat kendala teknis keterlambatan distribusi soal ujian ke daerah-daerah itu.

pelaksanaan un di 11 provinsi ditunda, yaitu kalimantan selatan, kalimantan timur, sulawesi utara, sulawesi barat, sulawesi sedang, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, bali, ntt, ntb, serta gorontalo.

mekanisme un sd kan telah semisal tersebut, diserahkan ke tingkat regional, smp sebaiknya serta terbuat seperti tersebut. jika masalah bocor, itu kan persoalan mental. manajemennya mesti diperbaiki, katanya.

berbagai permasalahan selama un tersebut, papar laode, hendak adalah salah Salah satu keuntungan yang dibahas pada pertemuan forum rektor indonesia yang rencananya dilangsungkan selama 11 mei 2013 pada universitas sebelas maret (uns) surakarta.