Menkes: lima penyakit kuras anggaran Jamkesmas

menteri kesehatan dr nafsiah mboi menyebutkan banyak lima bidang penyakit tak menular dan lumayan menguras anggaran jaminan kesehatan warga ataupun jamkesmas.

kelima penyakit itu meliputi gagal ginjal, penyakit paru, kanker, stroke juga jantung, sebutnya saat menjalankan rapat kerja kesehatan nasional 2013 regional timur di hotel grand clarion, makassar, senin malam.

menurutnya, alokasi anggaran supaya jamkesmas dan digelontorkan pemerintah pusat ke daerah sebanyak rp34,5 triliun, 83 persennya dihabiskan untuk penanganan lima bidang penyakit tersebut.

hanya 17 persen dimanfaatkan agar pengobatan yang lain, kata perempuan kelahiran sengkang, sulawesi selatan ini.

Informasi Lainnya:

menkes memaparkan, kondisi yang paling ada terjadi dalam penyakit paru, yang telah ditangani secara serius. penyakit paru atau tb, tutur dia, lebih banyak diakibatkan dengan para perokok aktif maupun pasif.

untuk tersebut diinginkan berbagai daerah menggarap perlawanan dengan membeli perda mengenai rokok. sebaiknya bungkus rokok dikampanyekan bergambar tentang dampak dan ditimbulkan juga banyak peringatan pemerintah dan melalui jelas dicantumkan, tuturnya.

sebelumnya, indonesia telah mendapatkan achievement award dari global health usaid untuk negara dan paling berhasil selama memenangkan permasalahan tuberkulosis (tb).

tidak hanya itu, penghargaan lainnya selama website pengendalian tb selama indonesia dan telah memperoleh apresiasi daripada internasional. penghargaan champion award for exceptional work in the fight againts tb.

pencapaian indikator target millenium development goals (mdgs) supaya tb dalam indonesia cukup kepuasan dan diperkirakan berbagai indikator tb akan dicapai sebelum waktu dan ditentukan dalam tahun 2015.