Dahlan targetkan 2,6 juta hektar program GP3K

menteri bumn, dahlan iskan ingin 2,6 juta hektar lahan pertanian untuk program gerakan peningkatan produksi pangan berbasis korporasi (gp3k) pada upaya memperbaiki pangan nasional.

terus diperluas, mesti mencapai 2,6 juta hektar tahun ini (2013), kata dahlan ketika mengikuti panen raya padi hasil situs gp3k selama kampung cihonje, desa sukakarsa, kecamatan sukarame, kabupaten tasikmalaya, minggu.

target luas lahan itu, tutur dahlan tersebar diseluruh provinsi selama indonesia yang terbuka supaya dapat memanfaatkan web gp3k itu dan dibuka kesempatanya dengan salah Salah satu perusahaan pemerintah pt pupuk kujang.

bahkan upaya membuka website gp3k itu, papar dahlan, tak cuma diselenggarakan oleh perusahaan pupuk saja, melainkan harus dilakukan oleh bumn lain untuk ikut bersama menyelesaikan masalah pangan.

Informasi Lainnya:

menyelesaikan urusan pangan habis-habisan, tidak cuma bumn pupuk, bumn lain dan digerakan untuk terjun gp3k, katanya.

ia menerangkan, dengan situs gp3k dan diterapkan oleh perusahaan pt pupuk kujang mampu memberi kemudahan terhadap petani agar membeli pupuk melalui langkah pinjam juga dan dibayar setelah panen.

ia berharap petani dan memanfaatkan situs gp3k dapat memperbaiki produktivitas serta nilai padi dan bagus.

program ini dibayar setelah panen, ataupun istilah bakunya gp3k. saya berharap kaum petani memanfaatkan ini, katanya.

sementara itu, model itu dalam rangka merealisasikan website ketahanan pangan nasional melalui target surplus beras 10 juta ton pada kurun waktu 2011-2015.

direktur utama pt pupuk kujang, bambang tjahyono yang hadir di model panen itu menyatakan luas lahan yang adalah tanggungjawab pupuk kujang kurun waktu 2013/2014 seluas 140.000 hektar, tersebar diseluruh daerah jawa barat.

sementara program gp3k pt pupuk kujang yang diterapkan pada kabupaten tasikmalaya, diharapkan bambang mampu mencapai 7,53 ton padi daripada nilai produktivitas sebelumnya dan baru mencapai 6,3 ton.

dengan peningkatan itu, potensi panen di tasikmalaya mencapai 20,551 ton agar 1 kali musim tanam, katanya.