Dua bacaleg bawah umur dicoret dari daftar

komisi pemilihan publik (kpu) kabupaten pacitan, jawa timur mencoret dua nama bakal calon legislatif (bacaleg), sebab masih dalam bawah umur makanya dinyatakan tidak lolos administrasi.

aturannya, calon legislatif dan diusulkan mesti telah berumur 21 tahun serta dalam atasnya. bila dalam bawah tersebut, langsung dicoret sebab tak memenuhi syarat usia minimal, papar ketua kpu pacitan damhudi pada pacitan, senin.

ia tak merinci nama bacaleg dimaksud maupun asal partai pengusungnya melalui alasan menjaga kerahasiaan. ia cuma menyampaikan bahwa faktor usia dalam pencalegan adalah persyaratan krusial juga partai pengusung wajib mengusulkan bacaleg pengganti untuk persentasi caleg tak turun sebelum jadwal perbaikan berakhir.

damhudi menduga, ditemukannya bacaleg yang baru pada bawah umur disebabkan perbedaan persepsi mengenaiu persyaratan dimaksud.

Informasi Lainnya:

pihak partai menganggap syarat usia minimal 21 tahun kepada asli calon legislatif dihitung berdasar hari h pemilu legislatif (pileg) 2014.

padahal pas aturan, bakal calon mesti telah mengikuti syarat usia tidak mahal 21 tahun sejak pendaftaran.

damhudi mengajarkan dalam verifikasi berkas telah banyak dua keuntungan dan diteliti, yaitu syarat substansial juga nonsubstansial.

syarat pokok tersebut di antaranya menyangkut usia, ijazah, juga persoalan hukum dari bacaleg dan bersangkutan.

syarat pokok terkait permasalahan hukum yang dimaksud damhudi salah satunya, pernah melakukan tindak kejahatan serta terseret jumlah pidana yang membuat asli bacaleg menjalani kurungan badan/penjara.

dijelaskan, untuk dua syarat pertama kpu sudah mendapatkan ketidaksesuaian. selain masalah usia, banyak sebagian bakal wakil rakyat ini tak melegalisir tanda kelulusan itu.

sebagian ijazahnya banyak yang tidak dilegalisir. kalau dan terkendala dengan masalah hukum, tidak ada, katanya.

persoalan nonsubstansial dan banyak muncul di verifikasi administrasi biasanya mengenai ejaan dan penulisan nama, alamat dan tidak mencantumkan nama wilayah web terserah, serta riwayat hidup tak tersedia.

pada persoalan-persoalan dan bersifat nonsubstansial, hal itu tidak ingin mengugurkan bacaleg. masalah dan muncuil tenntang redaksional serta penulisan riwayat hidup tidak tersedia masih dapat diperbaiki, tuturnya.

saat ini proses verifikasi berkas sudah mencapai lebih dari 75 persen. pas tahapan sesudah tenggat masa penelitian berkas berakhir, senin (6/5) pekan depan, dengan begini pihak kpu ingin menyatakan hasilnya ke parpol sehari lalu.