Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog antara kelompok oposisi serta rezim dan berkuasa selama suriah adalah cara terpenting juga paling memungkinkan supaya melaksanakan konflik dan menciptakan perdamaian di negara itu, tutur peneliti lipi hamdan basyar.

selain diskusi, paling bisa saja sikap berbesar hati presiden bashar al-assad agar lengser, tutur hamdan saat dihubungi dalam jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua pihak -- oposisi juga rezim presiden bassar -- kini terus mengumpulkan kekuatan melalui melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab telah memberi dukungan terhadap oposisi di konferensi tingkat tingginya dalam akhir maret lalu.

namun, katanya, upaya oposisi agar memperoleh pengakuan dari pbb, ingin sulit karena tekanan dari rusia juga china, dijadikan pendukung utama presiden bashar.

hamdan mengatakan oposisi cuma hendak mendapat dukungan ada negara-negara arab, namun tak pada pbb, terutama selama saat sidang majelis umum pbb pada september mendatang.

Informasi Lainnya:

kursi dalam pbb baru ingin milik bashar, rusia memiliki kekuatan di pbb, ujarnya.

rusia, dan juga anggota komite mandat majelis publik, telah secara penuh menyampaikan tekadnya untuk menghadang langkah diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia supaya pbb vitaly churkin menyatakan pengakuan pada oposisi suriah hendak melemahkan posisi pbb pada mata dunia.

konflik yang telah berkepanjangan ini sudah mesti langsung dituntaskan, rakyat suriah menunggu legowo bashar juga dan paling utama ada diskusi supaya rekonsiliasi, papar hamdan.

hamdan menyampaikan sekarang pbb serta kesulitan supaya menyelesaikan konflik ini. setiap langkah dewan keamanan pbb, dan mengecam bashar sebab pertumpahan darah dan terjadi, sudah tiga kali diveto dengan china serta rusia.

dunia menanti dialog perdamaian, resolusi pbb dan mengecam bashar sudah diveto selalu, tindakan pbb seterusnya mau memperoleh tekanan daripada rusia, katanya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, yang dikontak secara terpisah menyampaikan solusi politik damai lebih dibutuhkan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab kepada kelompok oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab mesti diarahkan selama upaya-upaya mendapatkan opsi-opsi perdamaian terhadap suriah.

perang saudara berkepanjangan diantara bagian oposisi dengan pemerintahan presiden bashar mesti segera diakhiri demi memangkas korban pada antara masyarakat suriah.

berbagai negara juga menyampaikan dukungannya agar terwujudnya dialog perdamaian di suriah. aljazair serta bahrain menyampaikan dialog adalah satu-satunya penyelesaian bagi krisis pada suriah.

untuk menyelesaikan krisis suriah, tak dapat diselenggarakan atas inisiatif negara arab (qatar serta arab saudi), turki, israel, amerika serikat serta barat (inggris serta prancis) yaitu dengan mengucilkan presiden bashar.